SOSIALISASI PROGRAM SEHATI

Locksmith

Jumat, 03 Februari 2023 dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Program SEHATI yang dikemas dalam Jumat Sehat Berkah, Vaksinasi Booster 2 dan Pemeriksaan Sehat Gratis bertempat di halaman Kantor Kecamatan Banyuputih. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk sinergi masing-masing OPD / Lintas Sektor di wilayah Kecamatan Banyuputih dimana didalamnya yang terlibat Kantor Kecamatan Banyuputih bersama UPT Puskesmas Banyuputih, Korwil Pendidikan Kec. Banyuputih, Polsek Banyuputih, Koramil 0823/08 Banyuputih, Kades beserta perangkat desa se Kec. Banyuputih, Dharma Wanita Persatuan Kec. Banyuputih dan TP. PKK Kec. Banyuputih. Tak kurang dari 100 oang yang hadir dalam kegiatan tersebut. Dalam sambutannya Camat Banyuputih Akhmat Subaidi, S.Sos menyampaikan bahwa masih banyak yang belum tahu tentang program SEHATI, hal ini menjadi perhatian agar masyarakat tahu tentang apa itu SEHATI. 

Program SEHATI (Situbondo Sehat Gratis) merupakan salah satu program prioritas Bupati Situbondo yang bertujuan memberikan pelayanan kesehatan gratis berbasis KTP elektronik bagi masyarakat miskin situbondo agar tetap mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standart di Fasilitas Kesehatan milik Pemerintah Daerah atau Rumah Sakit yang bekerja sama. Sasaran Program SEHATI berdasarkan Peraturan Bupati No.20 Tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  • Penduduk miskin yang memiliki KTP-el Kabupaten Situbondo yang terdata atau yang tidak terdata dalam database DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) serta tidak mempunyai Jaminan Pelayanan Kesehatan apapun atau dalam proses integrasi ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional.
  • Peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) Jaminan Kesehatan yang memiliki kartu non aktif yang tidak terdata dalam DTKS tetapi merupakan penduduk miskin.
  • Neonatus yang membutuhkan tindakan/rujukan setelah berumur 28 hari dan ibu nifas lebih dari 42 hari dari keluarga miskin yang belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional.
  • Santri dan anak-anak penghuni Panti Asuhan yang berada di Kabupaten Situbondo dan merupakan penduduk Kabupaten Situbondo.

Pembiayaan program SEHATI bersumber dari APBD Kabupaten Situbondo, mencakup Pelayanan Kesehatan rawat jalan, pelayanan rawat inap dan pelayanan kegawatdaruratan, pelayanan ambulance, obat dan bahan medis, penunjang diagnostik, transfusi darah, serta rawat sehari (one day care).

Pelayanan kesehatan rawat jalan dan rawat inap di PUSKESMAS dibiayai sepenuhnya, dan pelayanan di RSUD dengan ketentuan perawatan di ruang kelas III dibiayai maksimal Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah), sedangkan pelayanan di RS luar daerah dibiayai sesuai dengan perjanjian kerja sama

Sementara itu Kepala UPT Puskesmas Banyuputih dr. Trias Nindya Maryana pada giat tersebt mengerahkan semua nakes yang terlibat, mulai pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular (PTM) hingga vaksinasi boster 2 yang diikuti oleh undangan yang hadir.  

Camat Banyuputih menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilakukan setiap bulan secara bergilir dari satu tempat ke tempat lainnya, sebagaimana slogan BANYUPUTIH BERSINAR ( Banyuputih Bersilaturrahim dan bersholawat Nariyah).

SEHATIBanyuputihBanyuputihBanyuputih

BnayuputihBanyuputih

 

image
Post By - admin

03 Pebruari 2023