CAMAT BANYUPUTIH "ISI PIRINGKU"

Locksmith

Sabtu, 11 Februari 2023telah dilangsungkan koordinasi bersama Camat Banyuputih, Kepala UPT Puskesmas Banyuputih, Kades Sumberwaru dan Kepala SPTN Wilayah II Karangtekok BTN Baluran bertempat di Kantor SPTN Wilayah II Karangtekok BTN Baluran Banyuputih Situbondo. Camat Banyuputih ditemui langsung oleh Bapak Lukman Hidayat,S.Sos,.M.H selaku Kepala SPTN Wilayah II Karangtekok BTN Baluran membahas tentang program Bapak Bupati Situbondo terhadap pelayanan dasar masyarakat (Pendidikan dan Kesehatan). Mengingat Ponkesdes Merak yang masuk dalam UPT Puskesmas Banyuputih dan SDN Fillial Merak di bawah Korwil Pendidikan & Kebudayaan Banyuputih berada di lahan BTN Baluran.

Selanjutnya Camat Banyuputih menuju Ponkesdes Merak menggunakan roda dua untuk melihat dari dekat kegiatan nakes yang berada di Ponkesdes Merak. Sesampainya dilokasi, didapati ada kegiatan Posyandu Balita Camat Banyuputih langsung berbaur dengan warga setempat. Dalam kegiatan tersebut Camat Banyuputih menyampaikan bahwa kecukupan gizi balita agar menjadi perhatian, dengan metode ISI PIRINGKU. “Isi Piringku adalah pengganti konsep 4 Sehat 5 Sempurna. Konsep lama tersebut kini tidak lagi mengakomodasi pemenuhan gizi seimbang. Selain menerapkan Isi Piringku, kami juga mengajak masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak”, tambahnya

Porsi Isi Piringku terdiri makanan pokok yakni sumber kabohidrat dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring. Lalu dilengkapi dengan lauk pauk dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring.
Untuk setengah piring lainnya diisi dengan proporsi sayur-sayuran dengan porsi 2/3 dan buah-buahan dengan porsi 1/3.

Panduan makan sehat tersebut tidak hanya membuat kenyang, tetapi juga memastikan tubuh sehat dan cukup gizi. Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui Kampanye Isi Piringku. Padahal dengan menerapkan Isi Piringku, stunting bisa dicegah sejak awal.

Tak hanya menerapkan Isi Piringku, para remaja diharapkan dapat menerapkan gaya hidup sehat seperti mencuci tangan pakai sabun, berolahraga, memantau berat badan, dan minum air putih 8 gelas setiap hari.

Dengan cara ini, maka remaja putri masa kini tidak hanya menjaga kesehatan sendiri, tapi juga akan berdampak di masa yang akan datang, dimana mereka akan melahirkan generasi yang sehat dan bebas stunting.

Tak lupa Camat Banyuputih singgah di SDN Fillial Merak dan melihat-lihat kondisi sekolah yang semi permanen. Di sekloah tersebut bertemu dengan seorang warga dan berbincang-bincang sembari melihat-lihat kondisi sekolah yang ada.

 

ISI PIRINGKU oleh CAMAT BANYUPUTIH

 

 

image
Post By - Admin Kec Banyuputih

11 Pebruari 2023