BIMTEK COKLIT DAFTAR PEMILIH 2024

Locksmith

Pada hari Sabtu, 11 Februari 2023 dilaksanakan Bimtek Persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dalam Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu 2024 bagi PPS se Kecamatan Banyuputih. Hadir dalam Bimtek Persiapan Coklit pada Penyusunan Pemilih Pemilu 2024 untuk PPS oleh PPK Banyuputih adalah Camat Banyuputih, Kapolsek Banyuputih, Danramil 0823/08 Banyuputih, Ketua dan anggota PPS se Kecamatan Banyuputih dan Ketua Panwaslu Kec. Banyuputih
Camat Banyuputih dalam sambutannya, beliau menyampaikan mengenai pentingnya Pencocokan Data Pemilih yang dilakukan oleh petugas Pantarlih, sehingga dalam masa kerja Pantarlih kedepan perlu Kerjasama koordinasi yang baik dari PPS maupun PPK untuk mendapatkan data pemilih yang akurat. Beliau juga menyampaikan mengenai keberhasilan pemilu yang indikatornya adalah keberhasilan pada setiap tahapan pemilu. Termasuk pada pemutakhiran data pemilih yang akan menjadi permasalahan jika tidak didata dengan baik bagi pelaksanaan kontestasi pesta demokrasi tahun 2024. Pesan kepada PPK, PPS maupun petugas Pantarlih untuk menjaga integritas, dan bijak dalam bersosial media.
Pemaparan materi mengenai pentingnya pencocokan dan penelitian, karena jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) menentukan jumlah kursi di DPRD Situbondo. Penduduk kelahiran setelah 12 Februari 2007 akan mendapatkan hak pilih dalam Pemilu 2024 mendatang, sehingga PPS dan PPK akan tetap memantau data calon pemilih yang akan terus dinamis untuk menghindari permasalahan yang mungkin muncul. Kualitas PPS, PPK serta Pantarlih berpengaruh terhadap kualitas data DPT pasca pencocokan dan penelitian
Tahapan Pencocokan dan Penelitian adalah PPS memberikan bimbingan teknis kepada Pantarlih setelah dilaksanakannya bimbingan teknis pencocokan dan penelitian. Kemudian akan didistribusikan alat kerja Pantarlih yang meliputi Formulir Model A, format-format data dari KPU, dan stiker yang akan ditempelkan di rumah penduduk yang sudah dilakukan visitasi coklit. Lalu PPS melaksanakan sosialisasi tentang pemutakhiran data di wilayahnya untuk perkiraan jumlah data per RT/RW. PPS memberikan Formulir Model A kepada Pantarlih data per TPS meliputi data excel dan salinan cetak.

Semetara itu logistik pemilu untuk pantarlih telah tersalurkan pada Sabtu 11 Februari 2023 di Pendopo Kecamatan Banyuputih.

 

 

image
Post By - Admin Kec Banyuputih

12 Pebruari 2023